I. PENDAHULUAN
Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Al-Dauly merupakan sub bagian dari Ponpes Gedongan – Cirebon didirikan pada Tahun 1990 M oleh salah seorang cucu generasi ke IV Mbah KH. Moh. Sa’id.
Pengasuh Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Al-Dauly dengan dibantu oleh para asistennya membina dan mendidik para santri dengan sistem integrasi penuh antara pondok dan sekolah dengan harapan dapat tercapainya prestasi yang maksimal.
Usaha peningkatan prestasi belajar para santri selalu diupayakan dengan bekerja secara profesional dan proporsional sehingga bisa menghasilkan output dengan profil insan kamil, tangguh dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin mengglobal. Maka tidaklah heran keberadaan Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Al-Dauly ini mendapat respon baik dari masyarakat.
Pada tanggal 5 Mei 2007 melaunching perubahan menjadi:
معهد الصغار الإسلامي الدولي
Dibawah Yayasan Al-Shighor dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor C-876 HT.01.02.TH. 2005
II. VISI DAN MISI
Visi
International Islamic Boarding School “Al-Shighor” Ponpes Gedongan sebagai pusat pengembangan model pendidikan integratif kompetitif dan berwawasan global.
Misi
- Membina siswa yang menguasai bahasa international (Bahasa Arab dan Inggris) kuat iman, berjiwa kewirausahaan, dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Mengembangkan kegiatan pendidikan keahlian dengan model-model pembelajaran yang mengarah kepada pembekalan life skill dan mempunyai akuntabilitas publik.
- Melahirkan lulusan yang berkualitas integratif, memahami ilmu keislaman dengan metodologi kontemporer dalam rangka muhãfadhah ‘alã al-qadîmi al-shãlih wa al-akhdzu bi al-jadîdi al-ashlah.
III. KOMITMEN
Untuk terimplementasinya visi dan misi tersebut maka dibangun 7 (tujuh) komitmen, yaitu :
- Akhlakul Karimah
- Intelektualitas/ Profesionalitas
- Hidup Untuk Pengabdian
- Peduli Terhadap Kemajuan
- Kemandirian Dalam Berkarya
- Kebersamaan Dalam Semua Hal
- Nasionalisme
III. TARGET BELAJAR
Setelah mengikuti program pendidikan di Ma’had Al-Shighor selama 6 (enam) tahun (pendidikan SMP dan SMK atau MA) santri/siswa memiliki kemampuan sebagai berikut :
- Mampu membaca kitab-kitab standar salafiyah berdasarkan pada kurikulum madrasah diniyah.
- Hafal al-Qur’an minimal 5 (lima) juz serta memahami tafsirnya.
- Bisa diterima di Perguruan Tinggi baik PTAI maupun PTU.
- Mampu melanjutkan belajar keluar negeri baik Timur Tengah maupun Barat.
- Mampu mengabdikan diri dalam kehidupan bermasyarakat dalam bidang keagamaan dan keahlian yang ditekuninya.
IV. KURIKULUM
Kurikulum yang diterapkan di sekolah/madrasah naungan Ma’had Al-Shighor ini adalah kurikulum yang mengarah ke Sekolah Berstandar International (SBI) dengan modifikasi dan penambahan mata pelajaran muatan lokal sesuai dengan visi dan misi ma’had, sedangkan dalam dirosah diniyah tetap menggunakan kitab-kitab standar salafiah.
V. JENJANG PENDIDIKAN
- Madrasah Ibtidaiyah (MI) Man-Hik
- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Shighor
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Shighor Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Madrasah Aliyah (MA) Al-Shighor
- Teaching Training
Sedangkan untuk penerimaan siswa baru atau pindahan pada jenjang SMP, SMK dan MA dilakukan melalui proses seleksi, dan diwajibkan menetap di asrama yang telah disediakan oleh Ma’had.
- Siswa tamatan SMP Al-Shighor harus melanjutkan Ke MA atau SMK Al-Shighor.
- Siswa tamatan SMK dan MA Al-shighor yang tidak langsung melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan mempunyai komitmen terhadap visi dan misi Ma’had harus mengabdikan diri minimal 1 (satu) tahun.
- Semua siswa diasramakan dalam satu asrama yang telah disediakan oleh Ma’had dalam bimbingan dan pengawasan guru selama 24 jam.
- Bahasa Inggris dan bahasa Arab dijadikan sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, disamping Bahasa Indonesia.
- Diluar kelas, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dijadikan sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
- Siswa mendapatkan pelajaran pengetahuan agama dalam kegiatan Dirosah Diniyah dengan pengantar Bahasa Arab disamping bahasa Jawa dan Indonesia.
Ma’had Al-Shighor Al-Islamy didukung oleh 40 orang guru, lulusan dalam maupun luar negeri baik S1 maupun S2 dan beberapa orang guru yang sedang menempuh pendidikan S3, serta para asisten yang bertugas membantu santriwan dan santriwati dalam pendalaman materi. Sebagian besar guru dan asisten bertempat tinggal di asrama/perumahan yang telah disiapkan oleh ma’had, sehingga dengan demikian para siswa berada dalam bimbingan dewan guru selama 24 jam.
VII. SARANA DAN PRASARANA
A. Bangunan Fisik
Bangunan fisik ini berdiri diatas sebidang tanah seluas 10.845 m2, sebagian bersertifikat wakaf, Adapun bangunan yang telah ada diantaranya:
- Masjid Al-Shighor
- Gedung Ruang Belajar
- MCK Putra dan Putri
- Kopontren Putra dan Putri
- Dapur Umum
- Asrama Putra dan Putri
- Perumahan guru
B. Sarana Penunjang Lain
- Perpustakaan
- Beberapa unit kendaraan operasional baik roda dua maupun roda empat
- Laboratorium komputer
- Laboratorium sains
Penerimaan santri/siswa pada awal April sampai dengan pertengahan Juni dengan persyaratan :
- Foto Copy SKHUN dan Ijazah. (3 lembar)
- Foto Copy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (3 lembar)
- Foto Copy Kartu Identitas Keluarga (KTP) (3 lembar)
- Foto Copy NISN (3 lembar)
- Pas foto 2X3 & 3X4 berwarna (masing-masing 4 lembar)
- Melengkapi persyaratan administrasi lainya.
Demikian Profil Ma’had Al-Shighor. Kami mengharap saran, masukan serta bantuan dari segenap kaum muslimin yang mempunyai komitmen tinggi dalam meningkatkan sumber daya umat Islam demi tercapainya generasi yang kuat iman dan tangguh dalam ilmu pengetahuan dan berwawasan global.